Senin, 10 Maret 2008

19 Desember

19 Desember 2002 ( Lima Menit Lepas Dari Jam Lima Sore )
Kaca jendela bus mulai terlihat buram. Awan hitam di atas sana mulai meneteskan air matanya. Sekejap kemudian menjadi lebat berderai. Aku hanya bisa diam membisu memandangi deraian air hujan dari dalam bus yang terus melaju. Tampak di luar sana, kendaraan-kendaraan sudah menyalakan lampunya menyambut petang. Senja kala itu memang begitu jelek, muram tak bercahaya. Seperti pikiranku yang begitu kacau tak karuan. Aku merasa sangat gelisah. Dua pilihan yang sangat sulit. Di satu sisi aku harus menghargai diriku sendiri sebagai laki-laki dengan menepati janjiku. Di sisi lain aku tidak mau Tini membenciku cuma karena sebuah janji. Aku takut kehilangan dia.

Suatu Malam Di Akhir September 2002
“ Baiklah Tini, kalo kamu memang nggak mau kerja di sana lagi, biar aku saja yang kerja buat kamu. Akan ku lakukan untukmu.”
Tini hanya diam. Mungkin bengong, mungkin kaget. Kenapa orang yang dia anggap cuma teman biasa mau melakukan itu. Atau mungkin Tini meganggap itu hanya omong kosong belaka.

Pertengahan November 2002 ( Menjelang Petang )
Kerja kerasku selama kurang lebih satu setengah bulan mulai menuai hasil. Walau Cuma beberapa lembar uang lima puluh ribuan, tentu saja, buat Tini. Dengan pasti ku melangkah menuju kantin. Langkahku cepat karena tak sabar.
“ Tini ada, mbak Ana ? “
“ Wah ndak ada. Tadi pagi ia pulang ke Lamongan sama masnya “
“ Oh, sial! “
“ Kenapa ? ada perlu penting ? “
“ Ndak, cuma mo main aja kok “
“ Dia mungkin akan tinggal agak lama disana “
“ Sampe kapan, mbak ? “
“ Aku nggak tau. Tapi mungkin lebaran nanti kesini “
. . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . . .

19 Desember 2002 ( Jam Enam Kurang Dua Puluh Menit )
Hujan mulai mereda. Tetapi belum juga berhenti. Malh bus itu yang berhenti menurunkan penumpangnya. Aku tersadar dari lamunanku. Ku pejamkan mata dan menghela nafas panjang. Mencoba untuk sedikit menenangkan diri. Namun tak ada hasil. Aku semakin gelisah.
“ Kau sudah membuat Tini marah. Apa yang akan kau katakan nati padanya. Kau memang bodoh ! “ keluhku pada bayanganku sendiri yang ku lihat di kaca bus.

14 Desember 2002 ( Beberapa Hari Setelah Lebaran )
“ Maaf lahir batin, mbak Ana, mbak Lilik “
“ Ya. Sama-sama “
“ Gimana kabarnya ? “
“ Baik, mbak “
“ Masih kerja di JVC ?”
“ Udah nggak lagi, mbak. “
“ Aku sekarang kerja di sebuah proyek pabrik di Krian “
“ Sayang ya, dulu Tini keluar dari JVC, Jadinya sekarang ia nganggur “
keluh mbak Ana.
“ Ehm. . . Tini mana lho, mbak ? Kok nggak keliatan ? “
“ Dia masih di Lamongan, belum kesini “
“ Kok lama ya, mbak. “
“ Ya ndak tau. Kalo kamu ada sesuatu yang pengen disampaikan, kamu nulis surat aja. Besok aku ke Lamongan “ ujar mbak Lilik.
“ Emmm… ya deh”
Aku menulis kan beberapa kata dalam selembar kertas.
“ Telah ku lakukan untukmu “
Aku juga menyisipkan beberapa lembar uang ke dalamnya. Yang menurutku, adalah uang milik Tini.

16 Desember 2002 ( Selepas Isya’ )
“ Riyan, Telfon dari Tini ! “ teriak ibukku
“ Ya . . . bentar “
“ Hallo ?? . . . , Riyan ? “
“ Ya, ada pa, Tin ? “
“ Maksudmu apa kamu ngasih aku uang ini ? “ tanya Tini dengan nada sedikit tinggi.
“ Uang yang mana ? “
“ Sudahlah. Jangan pura-pura . . . yang di dalam surat ! “
“ Oh yang itu. . Aku cuma mau nepatin janji “
“ Janji yang mana ? “ nada suara Tini masih terdengar agak tinggi
“ Aku dulu kan bilang aku akan kerja disana buat kamu “
“ Jadi ini hasil kamu di JVC ? “
“ Aku rasa begitu “
“ Kalo gitu ini ya uang kamu. Wong kamu yang kerja kok “
“ Aku kan kerja buat kamu “
“ Kamu jangan aneh-aneh gitu dong, Yan “
“ Aneh gimana ? “
“ Ah sudahlah ! Kalo nggak hari Rabu ya Kamis aku ke Surabaya. Pokoknya kamu harus ambil uang ini “
“ Ya aku akan kesana tapi aku nggak janji akan nganbil uangnya “
“ Pokoknya harus ! “
( Bruak ! Tut . . .tut . . . tut . . . tut . . . )

19 Desember 2002 ( Batas Selatan Kota Surabaya )
Tetes air hujan sudah tak terlihat lagi. Bahkan di angkasa nampak beberapa bintang mengedipkan matanya. Rembulan indah yang sempat menghilang sudah kembali bersinar seiring mendung hitam yang berlalu ke barat.
“ Menanggal ?! Ada yang turun Menanggal ?! “ teriak kondektur bus
“ Ya, Menanggal Pak ! “
Aku terbangun dari lamunanku. Tak terasa sudah sampai di Surabaya. Ku rapikan jaketku dan melangkah turun. Sang bus pun berpamitan dengan kepulan asap hitamnya.
Aku melangkah memasuki gerbang sekolah. Langkahku terasa kaku. Dadaku berdegup kencang dan hampir membuatku tak bisa bernapas. Pandanganku lurus, namun terasa ada kegalauan menggelayut di mataku. Aku terus melangkah menuju kantin. Tempat tinggal Tini di Surabaya. Juga tempat ku, David Slamet dan juga Likah biasa bercanda, ngobrol bersama sambil menghabiskan donat di kantin mbak Ana. Dulu sewaktu STM. Sebuah kenangan indah yang kini di ambang kesirnaan.

Dari ujung koridor, ku lihat beberapa sosok wanita sedang asik ngobrol di beranda kantin. Mungkin Tini salah satunya.
“ Lho, Riyan. Tini belum pulang “
“ Masih di Lamongan ? katanya kesini “
“ Ya, kemaren dia datang. Tapi tadi sore ia pamitan mo ke rumah temennya di Sidoarjo “ jawab mbak Ana
“ Jam berapa pulangnya mbak ? “
“ Ndak tau. Mungkin sebentar lagi. Kemaren kamu ditunggu lho. “
“ Ya, mbak. Kemaren aku lembur sampe jam 9 “
“ Ada apa sih ? “ sela mbak Lilik
“ Nggak ada apa-apa. Cuma kangen aja kok “
“ Tadi berangkatnya sekitar jam 5 sore “
“ Oh ya, biar aku tunggu saja disini “

Jam di kantin terus berputar. Jam tujuh sudah lewat, sudah 30 menit yang lalu. Di beranda itu aku menunggu, ditemani mbak Lilik yang dari tadi bercerita panjang lebar tentang pacarnya serta tentang orang ketiga di antara mereka. Aku mendengar tidak dengan seksama. Telingaku mendengar tetapi tak menghiraukan. Hatiku gelisah, pikiranku semakin kacau. Aku takut Tini tidak mau menerima alasanku dan kemudian membenciku. Aku benar-benar tak ingin Tini membenciku.

Hampir jam 9 malam, tetapi Tini belum kelihatan batang hidungnya yang imut-imut. Mbak Lilik mungkin sudah capek bercerita. Ia baru saja pamit mau sholat isya’. Nyamuk-nyamuk pengganggu pun berganti menemani. Berkali-kali aku menggaruk kaki dan tanganku. Dasar nyamuk sialan ! Tiba-tiba suara laglah kaki mengalihkan perhatianku. Aku tak lagi menghiraukan nyamuk. Perhatianku kini tertuju pada sesosok gadis yang keluar dari koridor sebelah kantor. Ya. Tini.
“ Sudah lama nunggu ? “
“ Ya, lumayan. Kamu kerasan juga ya main di luar ? “
“ Lagian ngapain disini, bosen “
“ Dari mana aja tadi ? “
“ Ya dari mana-mana “
“ Ya, tentu saja “
“ Jadi kamu nggak di JVC lagi ? “
“ Ya, pertengahan November lalu aku keluar “
“ Sekarang ? “
“ Sekarang aku kerja di sebuah pabrik kertas di Gresik. Tadi pulang langsung kesini “
“ Capek dong “
“ Ehm . . Nggak juga “
“ Aku ganti baju dulu ya “

Kami berdua berbicara tak terlalu banyak. Seringkali kami saling diam. Sementara itu jarum jam di kantin terus saja berputar. Jam setengah sepuluh sudah lewat semenit yang lalu. Seperti halnya jarum jam, nyamu-nyamuk pengganggu pun masih berputar-putar di telinga dan di kaki.
“ Sudah malam, sebaiknya aku pulang dulu “
“ Oh ya, ini uang kamu “
“ Tin, sudah ku bilang itu uang kamu “
“ Kamu kan yang kerja, uang ini ya hak kamu “
“ Tapi aku kerja kan buat kamu jadi . . .“
“ Kenapa kamu dulu kerja buatku ? di mana-mana orang kerja ya buat dirinya sendiri “ sela Tini.
“ Kenapa?! Karena akulah yang ngajak kamu kerja disana. Lalu kenyataannya aku nggak bisa bikin kamu seneng, kamu keluar dan akulah yang bertanggung jawab atas semua itu “
“ Sudahlah, lupakan saja. Aku nggak papa kok “
“ Tapi hatiku nggak bisa begitu. Aku harus menebus kesalahan ku. Selain itu . . . “
“ Selain itu apa ??? “
“ Ah, kamu pasti dah tau “
“ Nggak, aku nggak tau “
“ Aku . . . aku sayang kamu. Aku cinta kamu. Tapi aku nggak minta apa-apa dari kamu “
“ Aku nggak bisa nerima uang itu “
“ Aku juga nggak bisa memiliki uang itu “
“ Kamu jangan aneh-aneh dong. Jangan maksa. Dosa kalo kamu maksa “
“ Maafin aku Tin, aku sama sekali nggak maksa. Aku hanya pengen kamu menghargaiku yang kerja keras selama ini “
“ Sudahlah ! kalo kamu nggak mbawa uang itu kamu nggak usah kesini lagi. Nggak usah berteman denganku lagi “
“ Tega sekali kau ngomong gitu “
“ Pokoknya bawa pulang ! “ bentak Tini sambil meletakkan uang itu di atas bangku dan menutup pintu, Bruak!!!
Mungkin sudah sepuluh menit aku duduk sendiri di bangku panjang di beranda kantin itu. Hatiku hancur. Tak percaya dengan apa yang baru saja terjadi. Sejenak kemudian terdengar pintu berderik.
“ Sudahlah, Yan. Kamu bawa uang itu “ kali ini suara tini terdengar lembut merayu. Matanya terlihat berkaca-kaca.
“ Kalo ini uangku pasti dah aku bawa pulang. Aku taruh sini saja ya. Aku pulang”
Aku melangkah pulang. Namun baru dua langkah aku berhenti. Uang itu sudah tergolek di depanku. Terbuang.
“ kamu benar-benar tidak menghargaiku, Tini “
“ Bukannya aku gak menghargaimu. Pokoknya aku nggak bisa nerima uang itu. Itu unag kamu. “
“ Baiklah. Uang ini aku bawa dulu. Tapi suatu saat pasti akan aku kembalikan padamu. Aku pulang. Maafkan aku Tini. “


---- # # # # ----


January 28, 2003
By. Ch. apRIANsah

Tidak ada komentar: